Rubikku

Tips & Trick Kelincahan Jari dalam Seni Menyelesaikan Rubik (ILMIAH)

hallo teman-teman. setelah beberapa hari tidak menulis (karena butuh waktu dalam melakukan percobaan dan mendapatkan hasil), kini saya kembali mempublikasikan tentang salah satu poin dalam seni menyelesaikan Rubik secepat mungkin. fingertrick, itulah yang kita akan bahas disini.

berdasarkan hasil dari penelitian yang telah saya kaji ulang, selain latihan Optimal dalam waktu yang cukup, ada hal penting yang juga mempengaruhi kelincahan jari, hal ini berkaitan langsung dengan sistem saraf yang terdapat dalam kulit. dalam kulit kita, terdapat 4 saraf perasa, yakni saraf pacinni yang berfungsi merasakan tekanan, Rufinni berfungsi sebagai perasa panas, Krause sebagai perasa dingin, dan meisener sebagai peraba. kelima saraf perasa tersebut berpengaruh besar dalam kelincahan jari kita saat bermain Rubik, karena saat salah satu dari mereka bekerja, dia akan mendominasi 4 saraf lain, hal itu dapat membuat jari dan telapak tangan kita menjadi lebih ringan dan dapat terkontrol rapih dengan otak.

saya akan menjabarkan tentang pengaruh 4 saraf di atas serta cara mengaktifkanya, dalam konteks Dunia Rubik.
saya akan mulai dari,
PACINNI, merupakan saraf perasa yang peka terhadap tekanan, untuk mengaktifkannya kita dapat memberi tekanan-tekanan rapih/pijatan pada kulit jari dan telapak tangan, seperti contoh titik akupuntur di bawah

kemudian,
RUFINNI, saraf yang merasakan panas ini dapat kita aktifkan dengan memberi sedikit rasa hangat pada telapak tangan dengan cara apapun, bisa dengan menggosok2an kedua telapak tangan, atau memberi tiupan pada telapak tangan.

KRAUSE, saya adalah penganut saraf yang merasakan dingin ini. untuk mengaktifkannya, biasanya saya memegang sesuatu yang dingin sebelum bermain rubik, bisa dengan memegang Es Batu, Teh Botol Dingin Dsb.

terakhirrrr..
MEISENER, bisa dibilang saraf yang satu ini sukar dilakukan, karena berdasarkan angket saya, orang yang menggunakan perasa ini, dapat mengaktifkannya dengan menggunakan Rubik yang bertekstur. mengapa saya sebut sukar dilakukan, karena kita sebagai Cuber yang berpaut pada regulasi resmi, tidak diperkenankan menggunakan rubik yang memiliki perbedaan permukaan (bertekstur).

perlu anda ketahui, tidak semua saraf diatas dapat diaktifkan dalam satu manusia. hanya satu dari ke-4 jenis diatas yang dapat kita coba. untuk mengetahui anda termasuk kedalam golongan mana, anda bisa mencoba mereka semua dan pilih mana yang paling cocok. saya adalah golongan Krause, bagaimana dengan anda?






KRITIK & SARAN : nidhan_scoutever@yahoo.com
LINK : nidanscience.blogspot.com

Views: 970

Comment by andika si tapak sakti on May 17, 2010 at 9:32pm
Sepertinya kalau gw ruffini,soalnya kalau jari2nya panas justru malah enak solvenya kalau dingin malah kaku dan akhirnya waktunya kacau deh. Nice tips.
Comment by Shade on May 17, 2010 at 9:41pm
"...tidak diperkenankan menggunakan rubik yang memiliki perbedaan permukaan (bertekstur)"
Tekstur boleh kan? Maksudnya tekstur seperti pada testured tile cubesmith, dan stiker kulit jeruk Type DII.
Comment by Red Ranger on May 17, 2010 at 9:42pm
Baru tadi pagi belajar Ruffini di sekolah -_-
sekarang udah masuk forum aja.
Comment by Jihan on May 17, 2010 at 9:58pm
saya krause
Comment by Ganteng on May 17, 2010 at 10:16pm
Paccini - Ruffini - Krause - Meisener cuma empat?
Comment by rdhio on May 17, 2010 at 10:49pm
saya krause...
soalx kalau g dingin n gak bsh agk beda rasanya..
Comment by Aji on May 17, 2010 at 11:03pm
saya ruffini
@nathan
ada perasa nyeri juga kayaknya
Comment by Ishak Yudipratama on May 18, 2010 at 12:46am
KRAUSE! ^_^ barusan ambil average of 12 di group cuber tua...

sebelumnya saya minum jus dingiiiinnn yang gelasnya seharian dalam kulkas. pas solving, tangan dingin2 gitu. langsung dapet 22 hahahaha... tapi pas itu look aheadnya emang enak sih. gak tau ada hubungannya sama tangan dingin apa nggak :p
Comment by just_t_n on May 18, 2010 at 6:09am
disebut ada 5 saraf perasa, yakni
1. Saraf pacinni yang berfungsi merasakan tekanan,
2. Rufinni berfungsi sebagai perasa panas,
3. Krause sebagai perasa dingin, dan
4. meisener sebagai peraba
5. ??

kalo saya suka melakukan peregangan sebelum cubing, mungkin ini gabungan antara tekanan dan panas. tapi tujuan akhirnya adalah mencari panas, biar tangannya lemes dan gak kaku

:)
Comment by adit on May 18, 2010 at 6:29am
Saya golgi :D

Comment

You need to be a member of Rubikku to add comments!

Join Rubikku


About

Dd Crow created this Ning Network.

Badge

Loading…

© 2014   Created by Dd Crow.

Badges  |  Report an Issue  |  Terms of Service

Welcome to Rubikku, the home of Nusantara Speedcubing Association and all Indonesian cuber.